17 Oktober 2009

JENIS-JENIS PELLET/MIMIS

By LARC
Dome :
Pellet dengan Bentuk Kepala Bulat, memiliki daya tahanan angin yang rendah sehingga meningkatkan kecepatan, akurasi, penetrasi dan membuat lintasan yang datar. Bagus untuk berburu pada umumnya atau latihan menembak pada metal sillhouette atau field target.

Wadcutter :Pellet dengan Bentuk Kepala Rata menghasilkan lubang yang sempurna pada kertas target sehingga memudahkan juri untuk memberikan nilai pada lomba. Sangat tepat untuk lomba atau berburu hewan kecil seperti burung atau tupai pada jarak sedang.


Pointed :
Pellet dengan Bentuk Kepala Runcing, daya-tembus dan akurasi maksimal pada tembakan jarak jauh. untuk berburu hewan sedang dan besar yang berkulit tebal seperti musang.

 
Prometheus : Pellet dari bahan stainless steel dan dibungkus plastik untuk jarak pendek dan jarak jauh tetapi harus dengan tenaga yang lebih besar.





Hollowpoint :
Pellet dengan Bentuk
Kepala Berlubang, membuat luka yang besar pada saat mengenai sasaran tanpa penetrasi yang berlebihan. Makin tinggi kecepatannya, makin besar ekspansinya untuk berburu burung besar, pada jarak sedang.


Dart :
Pellet dengan Bentuk dengan ujung runcing panjang, dibawahnya menggunakan serabut nylon, dirancang khusus untuk berburu binatang dengan maksud membawanya hidup-hidup dengan kondisi pingsan karena terbius, caranya benang nylon tersebut dicelup kedalam cairan obat bius, biasanya dipergunakan untuk melumpuhkan hewan-hewan seperti monyet yg kabur.



Tips Memilih Pellet
:
  1. Sesuaikan dengan kebutuhan untuk berburu atau metal silhuette, dari mulai bentuk sampai berat.
  2. Pilihlah Pellet atau mimis dengan bentuk atau cetakan yang rapi agar dapat menghasilkan akurasi yang bagus. 


Sumber :  Searching Google dan Arsip LARC


=== untuk para pengcopy-paste === 
mohon dicantumkan sumber-nya
(www.larc2005.blogspot.com)
TERIMA KASIH

14 komentar:

  1. boleh tidak memakai peluru yg bekas tembak? soalnya dilihat2 peluru yg ditembakkan ke kardus msh bagus bntknya tdk gepeng/penyok.

    BalasHapus
  2. bahan peluru adalah dari bahan timah yang cukup lunak...setelah ditembakan ada yang hancur berkeping2, ada yang gepeng, dan ada juga yang masih mulus hanya terdapat bekas ulir saja...

    nah untuk peluru yang masih mulus masih / boleh dipergunakan namun tingkat akurasinya akan menurun pada jarak tertentu...cocoknya dipergunakan buat latihan saja....

    terima kasih

    BalasHapus
  3. Maaf bang, prometheus itu sebenernya merek dr inggris bukan tipe, produknya ada yg ky di foto, ada paragon (besinya lbh bear dan berat sedikit), ada yg saya lupa namanya tapi papak ky wadcutter. kalo dari bentuk, istilahnya itu parabellum, luarnya dibungkus plastik yg disebut "sabot" biar ngepas sm laras gt bang. Selain prometheus ada jg yg namanya ELKO yg jg besi gt dalamnya

    karena ringan dan luarnya plastik sebenernya sih licin jd power g perlu gede2 amat (yg mesti power gede misalnya sharp jet 19gr, sama beeman kodiak)

    pengalaman saya sih.... ga terlalu bagus mas buat buru, tp buat nembus barang keras (kayu, alumunium bekas kap mobil dll) jempolan.

    cuma bagi2 info mas, maaf bukan menyinggung y :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya, sehingga nambah ilmu buat kami dan seluruh rekan2 penghobi senapan angin dan berburu, ulasan tidak akan di rubah agar diketahui koreksinya...

      terima kasih...salam

      Hapus
  4. numpang tanya, kalo mimis dgn bobot diatas 10 grain, bagusnya yg runcing atau bentuk dome untuk berburu hewan sedang spt musang / kelinci ??
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake yang runcing saja pa irfan...agar daya tembusnya lebih dalam bidik bagian yang mematikan agar hewan buruan mati tanpa penderitaan.....

      terima kasih

      Hapus
  5. ingin bikin sendiri mimis/pelurunya gimana caranya, berhubung cari peluru ditempat saya susah/jauh 5km

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebetulan kami belumpernah membuatnya, nggak kepikiran sampai ke situ....tapi kalo jauhnya hanya 5 km mah deket pak....kalo mau lengkap kami juga harus pergi ke bandung yah lumayan 20km, tapi kalo mimis yang biasa2 saja..sih ada, hanya kurang bagus....

      Hapus
  6. gan,untuk senapan sgla jenis SHARP,,cocoknya mimis dg berat brpa gan?
    Yg lancip bagus ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap senapan punya karakter masing2 sekalipun dengan jenis yang sama, sebaiknya dicoba dengan berbagai macam mimis, cari yang betul cocok dengan senapan sharp anda

      bentuk2 mimis dibuat untuk kebutuhan khusus, tidak semua mimis cocok di segala kondisi, sebagaimana ulasa diatas...

      Hapus
  7. trmksih sy haturkan,sngt mmbntu..
    1 lg gan,
    kalau misal ktemu 2 jenis mimis yg cocok dan dua-duanya digunakan dalam waktu yg berbarengan itu tdk apa2?
    Sbg seorang pemula ane ingn gali info lgsg dr masternya,jd mohon maklumnya gan..
    Skli lg trmksh ats pncrahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa-apa.... bahkan 3-4 jenis sekalipun sepanjang mimis tersebut jatuhnya masih dalam kumpulan kecil (gruping) itu sudah bagus...

      adapun perkenaan terhadap target sepanjang perkenaannya didaerah mematikan, peluru jenis apa saja pasti target buruan akan jatuh.

      demikian semoga membantu...terimakasih

      Hapus
  8. kalo mimis depannya datar akurasinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini yang kami pergunakan adalah jenis mimis wadcutter atau depannya datar, akurasinya cukup bagus, padahal kami pergunakan untuk hunting....tapi kalo masukan kami pergunakan/cari mimis yg cetakannya rapi, agar akurasinya tetap terjaga.

      terimakasih

      Hapus