25 Desember 2010

Mengenali Laras Senapan (bag 2)

By LARC


Pada edisi sebelumnya kita telah membahas tentang laras dengan diameter 4,5mm dan yang kurang dari 4,5mm, pada kesempatan ini kita akan membahas soal panjang dan pendeknya laras.

Pada umumnya laras senapan angin terdapat dua jenis yaitu laras pendek (standar) dengan panjang kurang lebih sekitar 45-47cm s.d 50-55cm dan jenis laras panjang atau lebih dikenal dengan istilah long barrel.

Sekilas memang hanya itu yang membedakannya padahal lebih dari itu laras sebuah senapan sangat menentukan pada hasil tembakan dari peluru yang dimuntahkan.

Selain panjang atau pendek sebuah laras senapan angin yang tak kalah pentingnya adalah alur spiral yang terdapat dalam laras, alur spiral sangatlah beragam contohnya alur 6, 8 dan masih banyak lagi macamnya tergantung pabrik pembuat alur spiral.

Harus diperhatikan adalah alur spiral yang terdapat dalam laras haruslah tepat ukurannya sesuai standar yaitu berukuran 4,5mm, dalam hal ini perlu diperhatikan agar supaya moment puntir yang dihasilkan dapat maksimal, yang berpengaruh pada daya rusak dan ketepatan pada saat mengenai sasaran (sebagaimana telah kita ulas pada bagian pertama).

Senapan angin long barrel tentu memiliki keunggulan dibanding dengan laras standar, senapan long barrel dapat menjangkau sasaran lebih jauh, tapi tentu saja harus ditunjang oleh penetrasi/tekanan angin yang besar, seperti yang banyak dipergunakan pada senapan jenis gas.


=== untuk para pengcopy-paste === 
mohon dicantumkan sumber-nya
(www.larc2005.blogspot.com)
TERIMA KASIH

16 komentar:

  1. Saya udah baca tulisannya untuk tambah wawasan saya, tapi bagaimana cara menentukan laras itu ber alur spiral 6, 8 dst ? Terimakasih.

    BalasHapus
  2. tks atas komentarnya...cara menentukan laras beralur spiral 6,8 dst mudah saja...:

    cara pertama:

    1. kosongkan dahulu senapan anda dari isi angin dan peluru...
    2. lihat moncong laras ujung, dari luar juga akan kelihatan jumlah lekukan ulir yang ada di ujung laras.

    cara kedua:

    1. tembakan peluru ke dalam bak air, cari peluru....dan lihat, hasil peluru tersebut, akan ada lekukan, bila laras senapan anda masih bagus maka lekukan bekas alur spiral akan nampak.

    semoga membantu

    BalasHapus
  3. senapan punya saya klo d pake nembak k atas atau miring selalu tepat, tp ko klo d pake nembak lurus ke depan atau ke bawah sering meleset, kira" itu gara" laras nya atau emang meleset aja ya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah...aneh juga ya...bisa jadi :

      1. laras ...kalo punya laras bekas coba diganti dulu dengan yang bekas sebelum mengganti dengan laras baru.

      atau

      2. lepas scope pergunakan visir atau pergunakan scope bila menggunakan visir,........perhatikan jatuhnya mimis.

      mudah2an membantu

      terima kasih, salam

      Hapus
    2. gan..sy mw tny ni..sy pnh liat modfkasi senapan dengn cra menyambung 2 laras biasa mnjdi 1,,shingga panjang laras kira2 mnjdi 90 cm..klo ky gt ap yg trjdi sma jarak nitik n ktepatan peluru??

      Hapus
    3. ya betul menyambung laras pernah ada, tapi kemungkinan akurasi tidak akan kena, karena ulir laras saat disambung tidak menjamin pas atau tepat dari ujung satu dengan ujung lainnya, sebaiknya kalo ingin laras panjang sekalian aja pesan karena ulir laras sudah terjamin dari ujung belakang sampai moncong, tidak ada putus sehingga keakuratan bisa terjamin...

      demikian, terima kasih

      Hapus
    4. coba bantu dr pertanyaan mas farhan :
      iya memang begitu mas..krn peluru punya bobot dan krn pengaruh gaya grafitasi bumi...lebih mudah nembak buruan di atas drpd nembak buruan di tanah...

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. gan, alat untuk membuat alur senapan namanya apa? dan klo beli dimana?

    BalasHapus
  6. Info Bagus gan. apalagi kya saya yang awam senapan. skalian nanya. apa ulir senapan pling banyak 12. apa ada yg lbh banyak. apa semakin banyak ulir jangkauannya smakin jauh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini yang kami ketahui ulir laras yg paling banyak berjumlah 12, bagus untuk jangkauan jauh namun harus di tunjang pula dengan power yang seimbang, serta jenis peluru yang dipergunakan.

      terimakasih..

      Hapus
  7. Tempo hari sebelum ganti tele, sy konsultasi minta pertimbangan master disini dulu..
    Nah, skg mo ganti laras nih gan..
    Permasalahannya gini, sy baru beli sharp tiger long, laras bawaannya ternyata sangat buruk bahkan menurut sy yg awam krn ujung laras sangat tidak rapi, tidak membentuk satu lingkaran penuh dan itu sampai kedalaman sekitar 0.3 cm dari ujung laras.
    Dengan amplas halus dan alat seadanya sy coba muluskan dan skg sudah jauh lebih baik, tetapi tetap saja akurasinya tidak memuaskan.

    Permasalahan ke 2, sy sudah coba menggunakan beberapa jenis peluru, tapi luka alurnya sangat kecil dan bahkan pada bagian kepala peluru hampir tidak ada luka bekas alur..
    Sampai akhirnya, sy coba sisa peluru lokal kiloan yg skg sudah tidak diproduksi lagi, ukurannya memang sedikt lebih besar, dulu dikenal namanya gotri 4.7 dan hasilnya memang agak memuaskan, luka alur jelas terlihat baik pada bagian kepala ataupun rok. Tapi permasalahannya, peluru jenis itu sudah tidak diproduksi lagi.
    Bagaiman sebaiknya mengatasi permasalahan spt ini?

    Pertanyaan masih berlanjut.. Saat ini berdasarkan rekomend seorang seller, sy akhirnya memesan laras dgn alur 8. Katanya akurasinya bagus..
    Sebenarnya sy sendiri masih ragu dan awam.. mohon sedikit pencerahan seputar kelebihan dan kekurangan laras dgn alur 8 ini..

    Mohon maaf, kalo terlalu panjang lebar.. Sy berharap semoga ini juga bisa menjadi pertimbangan bwt rekan2 yg lain yg ingin membeli senapan sharp keluaran terbaru skg ini agar lebih berhati2 dan sebaiknya memeriksa terlebih dahulu kondisi barang sebelum dibeli..
    Saya berharap dapat pencerahan disini.. Terimakasih sebelum dan sesudahnya..

    BalasHapus
  8. Awam jg saya.katanya alur sedikit misal 3,6,8 dvn twist at putaran
    Alur 1 atau 1,25 lebih bagus daya bongkar nyA??

    BalasHapus
  9. Mau Tanya dan Minta saran, Saya Pakai Senapan STLT, namun rasanya kurang puas dengan dengan power sama akurasinya, rencana saya mau di upgrade dengan mengganti Laras baja OD14, yang alur 12, sama Tabung kuningan Bore-Up 25 mm triple sil, apakah ini bisa membatu untuk mengatasi ketidak puasan saya terhadap Power dan akurasi pada STLT Saya, oiya, selain laras sama tabung apalagi yang harus di ganti untuk mengaplikasikannya, agar pesanan sekaligus, mengingat saya di Sulawesi dan pesan Part dari Jawa, dan sekalian minta merk yang Recomended terutama untuk laras dan Tabung, buatan lokal aja yang penting kualitas terbaik, saya sangat mengharapkan pencerahannya, mohon maaf bahasanya kacau, terimakasih, Wasalam.

    BalasHapus
  10. terima kasih.. numpang promo jual senapan angin online terpercaya
    telp : 085230102223 pinbbm : 2BE5DE50 website: https://www.senapanangin.co.id

    BalasHapus
  11. Kalau saya lagi demen sama senapan alkohol... bikin sendiri lalu dijual, jadi duit.

    BalasHapus