03 Oktober 2011

Telescope dan Zeroing

By LARC

Senapan angin pada saat ini cenderung menggunakan Scope yaitu merupakan alat bantu pembidik pengganti visir baik itu senapan pompa atau per.

Telescope untuk senapan angin saat ini banyak sekali model dan bentuk, dari mulai yang pendek sampai yang berukuran besar, buatan china juga buatan eropa, namun kita batasi bahwa Telescope yang kita pergunakan dengan ukuran standar senapan angin yang mempunyai kemampuan tembak terbatas.

Ukuran standar yang biasa dipergunakan rata-rata 3-7x20, 4x20, 3-9x32, 3x32, 3-9x40, ukuran tersebut dapat diartikan sbb:
- angka pertama menunjukan berapa kali pendekatan obyek.
- angka paling belakang menunjukan diameter atau ukuran lensa.

Pada dasarnya ukuran scope tergantung kebutuhan kita, disesuaikan dengan senapan yang kita miliki...contohnya : bila kemampuan akurasi senapan kita hanya sampai 20 atau 30 mtr maka scope yang dibutuhkan tentu saja cukup dengan ukuran 3-7x20 atau 4x32 (menurut versi kami).

Berkaitan dengan penggunaan telescope atau scope pada senapan angin maka yang menjadi sedikit permasalahan (khususnya bagi pemula) adalah bagaimana cara setting scope atau zeroing scope pada senapan kita?

Berikut ulasannya :
1. Pasang scope pada senapan sesuai kenyamanan kita, pemasangan scope harus lurus, terlihat dari crosshair bila terlihat miring maka luruskan, karena hal ini berpengaruh juga terhadap arah tembakan...mengingat larinya peluru sebenarnya adalah lurus melambung, selain itu bila crosshair terlihat miring pasti kita sebagai pengguna-nya tidak akan merasa nyaman.
2. Pasang kertas target pada jarak yang di inginkan.
3. Kokang senapan dan masukan peluru.....bidik dan tembakan.
4. Lihat jatuhnya peluru : perhatikan ke arah mana jatuhnya peluru.
5. Bila peluru jatuh di sebelah kiri atas target, maka :

    a. Putar stelan scope samping kearah kiri (seperti membuka sekrup) 5 klik atau sesuai kebutuhan
    b. Putar stelan scope atas kearah kanan (seperti menutup sekrup) 5 klik atau sesuai kebutuhan

3. Lakukan sampai jatuhnya peluru tepat kena titik tengah kertas target.

4. Demikian pula bila peluru jatuh pada posisi sebaliknya lakukan langkah2 diatas yang tentunya dengan arah sebaliknya.

Yang perlu diperhatikan saat kita akan men-setting scope adalah :
  • Peluru : pilih peluru yang benar2 berkualitas bagus (kami rekomendasikan peluru import)
  • Telescope : pilih telescope yang mempunyai stelan "klik"
  • Kertas Target
  • Jarak
Untuk di ingat :

1. Bila peluru susah sekali untuk jatuh pada titik tengah target (jatuhnya peluru tidak terarah), segala kemungkinan bisa terjadi, mulai dari peluru tidak cocok, laras kotor, laras berminyak atau bengkok bisa juga laras cacat, bila menggunakan peredam maka lepas dahulu peredam saat melakukan zeroing,

2. Khusus scope yang menggunakan zoom : bila senapan kita sudah zeroing, usahakan setelah melakukan zooming pada obyek, kembalikan zoom pada posisi awal, dikarenakan stelan pasti akan berubah kecuali kita mengembalikan zoom pada posisi semula.

3. Tips khusus stelan scope :

     a. Stelan Samping

  • putar stelan samping kearah kiri seperti melonggarkan sekrup maka peluru akan jatuh ke kanan target
  • putar stelan samping kearah kanan seperti mengencangkan sekrup maka peluru jatuh ke kiri target 
      b. Stelan Atas
  • putar stelan atas kearah kiri seperti melonggarkan sekrup maka peluru jatuh ke atas target
  • putar stelan atas kearah kanan seperti mengencangkan sekrup maka peluru jatuh ke bawah target
4. Zeroing keperluan berburu, tidak selalu harus nitik (grouping 2cm) karena target bergerak



=== untuk para pengcopy-paste === 
mohon dicantumkan sumber-nya
(www.larc2005.blogspot.com)
TERIMA KASIH


308 komentar:

  1. nais inpoh..............

    BalasHapus
  2. bila peluru jatuhnya di sebelah kiri bawah gmna ?? plese bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluru jatuh pada kiri bawah titik target, maka :

      1.putar stelan pinggir ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam)
      2.putar stelan atas juga sama kearah kiri (berlawanan arah jarum jam)
      putar sekitar 5 klik...
      3. arahkan kembali tembakan ke titik target bila msh tidak berubah, ulangi langkah diatas
      4. bila melebihi maka putaran stelan dikurangi.....bisa 3 klik, 2 klik dan berhenti setelah tembakan pada posisi zero

      demikian, semoga membantu...

      Hapus
    2. makasi boss bat info'a .. succes sllu

      Hapus
  3. kalau peluru jatuh pas garis seblah kiri gmna gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. putar stelan samping ke arah kiri (seolah buka sekrup), peluru akan mengarah ke sebelah kanan, putar per 5 klik sampai peluru pas jatuh pada target...

      semoga membantu

      Hapus
  4. gan cara mengatasi ulir loop yg rsak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kalo ulir rusak (tipis, bengkok, cacat), hrs ke bengkel senapannya, soalnya hrs di ulir ulang, atau untuk lebih baiknya ganti laras aja...soalnya kalo diservice nggak menjamin akurasi.....tks maaf tidak bisa membantu banyak

      Hapus
  5. Thank's ya, infonya sangat berguna sekali! ^_^

    BalasHapus
  6. gan, kalau stelan elevation sudah di set ke maksimum,namun jatuhnya peluru tetap dibawah target kenapa ya? mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 kemungkinan :

      1. laras bengkung (kecil kemungkinan, namun bisa jadi sebagai alasan terakhir pada masalah ini)

      2. posisi scope tidak sejajar (menunduk/mendongak)

      kami coba bantu di no. 2 berdasarkan pengalaman :

      perhatikan posisi scope apakah menunduk atau mendongak, bila hal itu terjadi coba mounting scope di tukar, mounting depan di pindah ke posisi belakang,

      atau....biasanya pada saat kita membeli mounting di ringnya nya selalu diberi pita hitam untuk menahan agar scope tetap tidak bergeser nah sekarang coba di salah satu ring mounting (depan) ditambah ganjal dengan isolasi atau kertas agar posisi scope sejajar lurus, tidak menunduk atau mendongak.

      seharusnya dengan menukar posisi mounting atau di ganjal itu sudah menyelesaikan permasalahan...

      silahkan dicoba...tks

      Hapus
  7. Saya belajar dari artikel ini akhirnya bisa juga saya zeroing telescope Marcool 4-16x50 milik saya

    BalasHapus
  8. untuk scope 4x20 milik saya kalau saya putar elevationnya tidak bunyi klik...padahal scope saya baru... mohon bantu

    BalasHapus
  9. saya mencoba membidik buah markisa dengan diameter buah 3cm, saya membidik tepat ditengah...
    tapi pellet mengenai bagian tengah atas buah markisa tersebut...
    saya putar2 elevationnya kearah kiri kanan sampai sekarang blm juga bisa tepat sasaran...
    saya sudah lupa berapa kali saya memutar elevationnya, karena setiap saya putar tidak berbunyi klik...
    bagaimana cara menyetting ulangnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu diketahui scope ukuran 4x20 ada beberapa merk tertentu yang tidak menggunakan sistim kunci (klik).

      bila scope tidak ada bunyi klik, berarti elevationnya dengan mengandalkan sistem per di dalam, sehingga konsekwensinya stelan akan selalu berubah karena tidak terkunci juga tergantung kekutan per itu sendiri, memang dengan scope seperti itu agak susah untuk posisi zero.

      namun kami coba bantu untuk membuat scope model tsb dapat terkunci :

      1. buka puteran elevation atas dan bawah sampai elevation lepas, ganti per didalamnya dengan per sejenis yg lebih keras, mudah2an stelan tidak berubah setelah posisi zero

      2. untuk scope dengan sistem per, tidak menggunakan sistim 5 klik, tapi coba putar per 45 derajat atau seperti jarum jam per 15 menit, sehingga kita mudah meningat perpindahannya.

      3. bila peluru jatuhnya masih tidak terarah, coba ganti dengan peluru import (maaf), bila sudah menggunakan peluru import ternyata masih tidak bisa zero, coba laras dibersihkan, kemungkinan bisa terjadi laras kotor karena adanya olie dari dalam tabung

      4. apabila menggunakan peredam coba lepas dulu peredamnya saat zeroing.

      nah mudah2an bisa membantu, kurang lebihnya mohon maaf...tks

      Hapus
  10. oke,,,trima kasih atas infonya,,,sekarang benjamin saya sudah siap beraksi...
    dalam jarak 50m pun burung pipit jatuh...
    tinggal bidik kepala, dalam jarak 50m pasti peluru mengenai dada...
    thanks LARC

    BalasHapus
  11. maaf kang,scope merk apa ya kang yang bags ,tida mudah berubah dan tahan getar untuk senapan gejluk dan yang haerganya murah tp kwalitasnya tidak murahan.trim

    BalasHapus
  12. kang saya punya scope merk hakko 4 x 32,itu kalau stelan putaran yg paling atas dan samping sebelah kiri itu kegunaannya untuk menyetel kanan kiri atau atas bawahnya di bagian mana aja kang
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang yayat yth...
      scope buat gejluk, kalo boleh kami sarankan, gunakan scope yang Reticle nya digravir, hingga dengan getaran pompa gejluk pasti aman, tidak akan putus, merk bervariasi, silahkan di cari di toko senapan2 angin, di bandung

      hakko...scope merk itu kami juga pakai...bagus dan tidak pernah rubah stelannya...nah stelannya memang terletak pada bagian atas dan samping kanan.

      putaran atas adalah untuk mengatur jatuhnya perluru keatas atau kebawah, sementara putaran samping kanan adalah untuk mengatur jatuhnya peluru kekiri atau kekanan

      penjelasan singkatnya...

      1. putaran atas : putar ke kanan maka peluru akan jatuh ke atas, putar kekiri maka peluru jatuh ke bawah

      2. putaran samping : putar ke kanan maka peluru akan jatuh ke sebelah kiri, putar kekiri peluru akan jatuh ke sebelah kanan

      ...nah silahkan dipelajari uraian kami di posting ini...mudah-mudahan membantu...tks

      Hapus
  13. gan,gimana kalau pelurunya jatuh di atas tanda + tidak sesuai target,scope model Bushell 4x32E, tolong di bantu.
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba putar ke kanan stelan atas sebanyak 5 klik sampai posisi peluru tepat ada di tengah + (zero),

      bila setelah di putar 5 klik ternyata peluru terlalu ke bawah maka putar stelan atas ke kiri sebanyak 3 klik

      silahkan dicoba, kalo bisa, coba berbagai peluru untuk kesesuaian laras, karena masing2 senapan mempunyai karakter sendiri terhadap peluru yg dipergunakan...terima kasih

      Hapus
  14. bos,
    bagaimana cara maksimal dan efisien untuk menghilangkan uap air di dalam telescope BSA-dot...
    mohon tips dan bantuan sedikit ilmunya.
    mohon solusinya di inbox juga di facebook ; azizysniper@yahoo.co.id

    BalasHapus
  15. uap yang selalu muncul pada scope ada 2 kemungkinan :
    1. scope tsb memang tidak kedap udara
    2. scope tsb sudah pernah dibongkar

    solusi menghilangkan adanya uap/embun yg ada pada scope :
    1. buka lensa scope bagian belakang/depan, biarkan embun menguap keluar, tutup lagi setelah embunnya hilang.
    2. usahakan bila scope sudah mulai ber-embun tidak dibawa hunting dengan berbasah2an...
    3. bersihkan lensa depan/belakang bila sudah terkena embun/uap, untuk menghindari munculnya jamur pada lensa.
    4. untuk lensa tengah, kami tdk bisa rekomendasikan untuk membersihkan karena khawatir menyentuh crosshair yg berakibat bisa putus atau bengkung, tetapi bila cross nya dengan model gravier aman2 saja untuk dibongkar dan dibersihkan.
    5. usahakan simpan scope atau senapan di tempat kering/hangat untuk menghindari timbulnya jamur lensa.

    mudah2an bisa membantu, mohon maaf tidak bisa membantu banyak, terima kasih

    BalasHapus
  16. gan larc, mau tanya kalau canon 727 hanya bisa sekali pompa kenapa ya ( 1 kali pompa danyg kedua trus berbalik / nahan ) tolong dibantu ya?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bung Ardi..
      canon727 senapan angin jenis grendel, permasalahan bung ardi ada di klep depan tabung penampung angin, kami coba bantu solusinya:

      bongkar tabung penampung angin, spare part yg ada pada tabung tsb adalah
      1. klep pentil bentuknya panjang seperti paku dan ada lapisan karet (klep)
      2. per
      3. klep depan bentuk nya seperti kancing dan ada karet (klep) nah klep inilah yang menjadi penyebab pompa tidak masuk (berbalik/nendang), klep tersebut sudah rusak (bocor/sdh tdk rata) ganti klep tsb dengan yg baru atau kalo mau perbaiki sendiri bisa, yaitu dengan cara permukaan klep depan tsb di ampelas sampai rata,

      tetapi sebelum melakukan point 3 diatas, coba tabung penampung angin dibersihkan dahulu, siapa tahu karena banyaknya kotoran sehingga klep depan terhalang oleh kotoran, dan angin tidak dapat tertutup sehingga menyebabkan pompa berbalik/nendang

      setelah dibersihkan coba pasang kembali, kalo masih berbalik/nendang maka lakukan point 3 diatas.

      nah silahkan dicoba, semoga membantu, terima kasih

      Hapus
  17. Gan LARC buka tabung klepnya bagaimana, karena setelah saya buka, kalau dilihat dari belakang tabung ada semacam ulir untuk kunci, apakah harus pakai kunci khusus?, tolong pencerahannya....

    BalasHapus
  18. Gan LARC buka tabung klepnya bagaimana, karena setelah saya buka, kalau dilihat dari belakang tabung ada semacam ulir untuk kunci, apakah harus pakai kunci khusus?, tolong pencerahannya...., maaf yg posting yg diatas maklum msh gaptek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. o.iya ...memang tabung penampung angin canon727 tidak seperti senapan2 baru sekarang.

      untuk membuka canon727 memang harus menggunakan kunci khusus, dan biasanya saat kita beli senapan tsb selalu di kasih kunci buat bongkar sparepart.

      kunci tsb bentuknya kunci T panjang, kalo tidak punya berarti hrs ke bengkel senapan angin atau bisa coba kunci T panjang untuk bongkar sockbreaker motor/sepeda, pilih yg ukurannya sesuai dengan lubang pembuka.

      setelah pas ukurannya masukan kunci T panjang ke lubang untuk membuka drat/ulir, putar drat ke arah kiri untuk membuka, setelah lepas akan keluar isi tabung tsb (seperti ulasan sebelumnya )

      atau rekan bisa coba ke toko senapan, barangkali saja ada jual kunci buat bongkar klep canon727

      maaf tidak bisa membantu banyak....terima kasih

      Hapus
  19. Oke kang LARC, saya akan coba pakai kunci l, terima kasih infonya, maaf kalau banyak nanya maklum baru soal sengin,

    BalasHapus
  20. kalau di bawah target sekitar 10 cm gimana,,, maklum awam gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami perjelas ya...

      peluru jatuhnya berada 10 cm dibawah target,

      1. putar stelan atas ke arah kiri (seolah membuka sekrup) putar per 5 klik, bila peluru masih dibawah target, putar kembali ke arah kiri sebanyak 5 klik secara bertahap sampai posisi peluru tepat ke sasaran

      2. bila setelah di putar kearah kiri ternyata peluru malah jatuh diatas target maka putar stelan atas ke arah kanan (seolah mengencangkan sekrup), putar per 5 klik secara bertahap sampai jatuhnya peluru tepat di sasaran

      3. kalo bisa skip/zeroingnya jangan terlalu jauh, coba 20-30 mtr untuk meminimalkan ayunan/getaran/recoil.

      demikian silahkan dicoba...ya semoga sukses
      terima kasih

      Hapus
  21. gan, ane punya telescope leupold mark4 3.5 - 9 x 40 m3 (replica). masalahnya tidak mau di zeroing atau peluru selalu ngacak., apa maslahnya yah? mau dibongkar tapi gak berani gan. sedangkan kalo pake bsa sweet tidak ada masalah. mohon bantu pencerahan.

    BalasHapus
  22. gan, ane punya telescope leupold mark4 3.5 - 9 x 40 m3 (replica). masalahnya tidak mau di zeroing atau peluru selalu ngacak., apa maslahnya yah? mau dibongkar tapi gak berani gan. sedangkan kalo pake bsa sweet tidak ada masalah. mohon bantu pencerahan.
    tolong ke balas ke email juga ga,,,
    m_tuin@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. permasalahan susah zeroing pada scope sering terjadi, biasanya terjadi pada scope2 kecil dimana stelan atas dan stelan samping tidak ada bunyi klik (tidak terkunci)

      bila hal itu terjadi pada csope ukuran besar ada beberapa kemungkinan :

      1. bila menggunakan scope lain ternyata gak masalah berarti senapan baik-baik saja.

      2. scope sudah lama, pegas yg ada didalam sudah lemah (posisinya berada ditengah sebagai penahan lensa tengah yang mengatur visual ke atas,bawah, kekiri dan kanan, pengaturannya oleh putaran atas dan samping)

      3. dicoba dahulu dengan peluru yg lain, bila ternyata masih ngacak dan kemudian scopenya masih baru sebaiknya di kembalikan dan ditukar saja ke tokonya.

      4. bila scopenya sudah lama, coba stelannya di reset dengan cara, putaran atas putar ke kanan (seolah mengencangkan sekrup) sampai mentok, kemudian kembalikan putaran ke sebelah kiri (seolah membuka sekrup) sampai pemutarnya keluar, kemudian masukan kembali pemutarnya dan coba stel ulang.

      5. bila setelah berbagai tetap tidak mau zeroing terpaksa scope hrs dibongkar, namun kalo bisa jangan langsung brojol-in semuanya, bagian perbagian untuk mengetahui ada tidaknya bagian yg sudah rusak, atau longgar, hati2 dengan lensa tengah jangan sampai tersentuh tangan, pada bagian crosshair hrs berhati2, khawatir putus kecuali yang electric atau model graveer

      maaf bila tidak banyak membantu, terima kasih...

      Hapus
  23. mau tanya gmana cara menembak jarak yg jauh dengan telle yg paspasan alias g di lengkapi mildote,misalnya zero jarak 25m tapi jarak target yg di tembak 38m. tanpa mildot gmana agar bisa tepat sasaran????

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila tanpa mildot kayaknya susah pa...dengan scope mildot atau scope yang mempunyai fasilitas zoom pun masih agak susah untuk keakuratannya karena ketepatan hasil tembakan kepada sasaran dipengaruhi dengan berbagai faktor...namun pada dasarnya berdasarkan insting saja pa....

      coba tembakan pada target sasaran 25m kemudian tembakan pada target sasaran 38m dimana jatuhnya peluru....itu bisa dijadikan sebagai acuan untuk scope bapak

      paling tidak untuk zero di 25m dan untuk mencapai target di 38m coba sedikit diangkat, artinya titik crosshair scope harus sedikit ada di atas target sasaran, dengan catatan jumlah pompa yang
      sama.

      demikian semoga membantu, terima kasih

      Hapus
  24. Bisa nggak ya teleskop diakali supaya lebih tahan getar? Sehingga setelan lebih awet setelah di zeroing? Saya punya Bushnell 3-9x40....
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuna kami scope bila dipasang pada sengin jenis pompa atau pcp aman dari getaran sepanjang kita tidak merubah setelannya...tapi bila dipasang pada sengin jenis gejluk atau per....terkadang setelan akan berubah, bahkan ada yang sampai crosshairnya putus akibat getaran.

      tapi tidak tahu kalau scope asli buatan eropa, atau jepang, kemungkinan itu terjamin kualitasnya, tapi kami belum pernah mencobanya (soalnya harganya tidak terjangkau), maap..bukan artinya scope2 buatan taiwan/china tidak bagus kualitasnya, karena masing pabrikan ada lebih dan kurangnya...

      terimakasih...maaf tidak bisa membantu

      Hapus
  25. Klo toko/bengkel senapan angin yg lengkap dan ampuh di bandung dimanan ya?
    Posisi ane di bandung kota(paskal)
    Mohon info
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo toko/bengkel saya tidak tau soalnya kalo ada kerusakan sengin model pompa atau per kami tidak pernah bawa ke bengkel, tapi kami service sendiri, barangkali mau sambil main ke lembang mangga kami tunggu di alamat jl. grand hotel gg bhayangkara I no. 44 (sebelah borma lembang) contact edy winardi (081910669454)

      tks..

      Hapus
  26. malam gan larc, sy mau beli scope utk sharp innova long truglo, kira2 merek apa yang recommended, sy ada naksir sniper dan leapers 3-9x40 AOE, menurut agan mana yg lebih bagus...... thanks b4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. leapers 3-9x40 AOE bagus gan....silahkan dipasang...

      Hapus
  27. salam LARC inpoh yg membantu sekali, bru 2 hari beli sengin mumer.. susahnya nyetel visir, tpi ahirnya nitik juga.. ada dana sedikit kmarin beli scope 4x20 mumer.. blm sempet zeroing.. mudah2an besok zeroing nya ga susah kaya visir..

    pengen beli scope yg 3.5-9x50 aoe, yg murah tapi lumayan bgs apa ya gan?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo senapannya jenis konvensional, sebaiknya jangan terlalu besar, standarnya gunakan saja yg 32 kalo yg 50 tidak akan seimbang dengan kekuatan senapannya, kecuali kalo sdr menggunakan senapan jenis pcp, sehingga jarak berapapun yg penting terlihat dekat oleh scope 50 maka peluru pasti masih akurat.

      sekedar info... jarak akurasi senapan konvensional (1000 psi / 6-8 pompa) rata-rata antara 30 s.d 50 mtr itupun sudah dipengaruhi angin,

      untuk ukuran 4x20 cukup namun panorama-nya terlalu kecil jadi kalo ada rejeki lagi sebaiknya beli saja scope ukuran 3x32 atau 3x9x32

      terimakasih...maaf hanya memberi masukan

      Hapus
  28. Misi gan numpang nanya neeh...

    Cara ganti crosshair yg patah gimana ya?? apa bisa pake rambut(kata temen)?? soalnya klo mau servise ke tukang senapan biaya mahal 200rb an..

    Satu lg gan, apa bisa crosshairnya diganti yg model cross kecil ditengah2 doang..??

    mohon jawabannya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan...saya pernah mengalaminya (thn 2009) saat istirahat hunting teman kami sengaja bersihin scopenya dan tidak sengaja menyentuh crosshair hingga putus, lalu cari-mencari bahan yg sangat tipis namun susah, akhirnya pilihan jatuh kepada rambut (yg sangat tipis) dan kami mencari warung diluar hutan ...ah kebetulan ada.... sekalian kami beli lem superglue dan jadi deh...bikin crosshair scope dengan bahan rambut dan penguat menggunakan lem superglue 2 rb perak....dan lumayan kuat sampai sekarang masih dipakai....

      kalo mau diganti dengan crosshair titik ditengah bisa sekali......dengan kreatifitas dengan menggunakan kaca tipis yg di gravier....

      nah silahkan mencoba...buat serapih mungkin........terima kasih

      Hapus
    2. ok gan terimakasih... : )

      Hapus
  29. gan mau tny lg nih.. cara buka tele bagian lensa paling belakang gmn ya..??

    muternya kekanan apa kekiri seh? keras banget ane kaga bisa2 sampe pegel neh tangan.. bales ya tq :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya si yang sudah2 seperti buka tutup toples atau kekiri, saya juga punya hakko yang sampai saat ini juga belum pernah di bersihin dalamannya soalnya cuma bisa di puter sampai mentok cuman gak bisa lepas...kecuali membuka lensanya saya kira itu bisa,

      coba karet yang ada di cupnya (belakang) dibuka, kemudian langsung putar (hanya bagian itu saja, tidak dengan cupnya) atau bila ada ring yang mengunci lensa, kita harus buat alat khusus seperti obeng min yang lebarnya selebar ring lensa tsb kemudian putar ke arah kiri...silahkan dicoba

      dan barangkali ada rekan2 lainnya yang bisa membantu

      Hapus
  30. kalo untk sharp innova long barrel scope ukuran brpa cocoknya dan klo merek yg harga standar kantong merk pa gan???
    maaf pemula
    hehehehe

    BalasHapus
  31. dan saya naksir bushnell sama BSA sweet mna kyknya lbih mntap untu snpan sya d atas gan trmsh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting pilih scope untuk sengin pompa long barrel maximal ukuran ...x....x40, jangan tergoda sama ..x..x50 karena itu utk sengin pcp atau api dimana jangkauan mimis/peluru sangat jauh, tidak akan terkejar oleh sengin pompa/per.

      kalo saya akan pilih bsa sweet modelnya ramping dan panjang...

      silahkan di timbang2 kedua merk tsb pada dasarnya bagus...terimakasih

      Hapus
  32. MakasI bnyak infonya abang,,,
    sneng gbung d LARC

    BalasHapus
  33. mau tanya, scope di antara merek sharp, bushenel, norconia,bsa. bagus yang mana? klau menurut rekomendasi LARC senapan angin merek sharp ace scope yang cocok dgn ukuran brp & merek apa? thkx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasaranya sih scope merk2 tsb bagus...namun yang pernah kami pergunakan pada senapan sharp ace (japan) scope yang dipergunakan : (hanya pengalaman saja, selanjutnya terserah bpk putra)

      1. ukuran 3x9x40 sebaiknya pilih yang crosshairnya tipis... bukan yang mild dot, sehingga bila crosshairnya tipis dapat memilih titik sasaran sesuai keinginan, mengingat sharpace begitu lembut (tanpa getaran), sementara jenis milddot biasanya crosshairnya tebal sehingga agak sulit untuk memilih titik sasarann karena tertutup oleh crosshair

      2. untuk merk kami menyyukai jenis bsa sweet, karena ramping dan panjang, sehingga cocok dengan penampilan sharpace yang mempunyai laras panjang.

      3. nah silahkan ditimbang2 dengan masak.... ini hanya masukan dan pengalaman saja, selebihnya terserah bpk putra.

      semoga membantu...terimakasih

      Hapus
  34. gan,.. mau tnya,yg dmaksut telskop pake mildot itu bgmn? fungsi dan penggunaanya bgmn? trs kelebihan dan kekurangnnya apa? rncna mau cari tele yg cocok utk snapan pcp laras 70cm. kl bisa tlg kasih refrensi jenis/merk yg cocok y gan. trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. scope mildot itu yang crosshairnya ada titik-titik pada garis horizontal dan vertikal, gunanya sebagai ukuran, untuk menentukan titik peluru ...misalnya scope diset zero/nitik pada jarak 20 meter, maka pada jarak 5 meter titik zero akan berubah berada di bawah titik asal, bisa jadi pada posisi titik kedua atau ketiga, nah itu yang akan menjadi patokan apabila kita menemukan target pada jarak dekat sementara scope qta diset pada target yang jauh.

      selain itu juga untuk menyesuaikan arah angin bila kita hunting saat angin begitu besar..

      namun pada dasarnya feeling yang lebih kuat...

      kekurangan dan kelebihannya....tergantung qta yang mempergunakan serta kebutuhannya, namun scope dengan mildot biasanya titik tengah crosshair-nya selalu tebal sehingga sangat sulit untuk membidik sasaran pada titik tertentu.

      untuk laras 70 cm pilih scope dengan ukuran ...x...x50, mengingat pcp dengan laras 70 cm pasti tenaganya besar sehingga jarak jangkaunya pun jauh sepanjang peluru yang dipergunakan nya pun sesuai

      kalo kami lebih suka memilih scope non mildot karena panoramanya tidak tertutup crosshair, tipis, sehingga kita bisa memilih titik jatuhnya peluru ke target sesuka kita, kalo merk silahkan semua merk sama saja....

      terima kasih...salam

      Hapus
    2. terimakasih infonya sangat membantu gan..

      Hapus
  35. agan .. tanya dikit. saya punya sharp ace deluxe lagi bingung milih pelet. apakah cukup dengan super dome atu bagusan pake beeman kodiak jika disesuaikan dengan power dan akurasi. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. superdome dan beeman kodiak berbeda dari bentuk dan berat...bisa dicoba dengan membandingkan zeroing, kemudian tingkat kerusakan sasaran? kedua jenis tersebut masing2 punya karakter, tetapi bila dari power dan laras, beeman kodiak bisa lebih stabil dengan segala medan, hanya saja...harganya lumayan tinggi...silahkan ditimbang2 kembali, terima kasih

      Hapus
  36. Agan mau tanya, stel zeroing teleskope gamo 3x9 x40 maximal jarak brp meter? saya setel zeroing jarak 5 meter nitik., setelah itu saya tembakkan jarak 10 meter berubah lagi zeroingnya turun ke bawah beberapa cm ke kiri padahal angin sdh di tambah 5 x pompa., apa memang begitu setelan putaran atas 7 bawah di kira kira sendiri brp kali klik klau jarak 10 meter.,padahal laras masih bagus klau pakai keker plisir tembakannya nitik.., thx penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kami biasanya stel pada jarak 30 mtr dengan pompa 6x, mengingat biasanya target2 kami rata2 sekitar 30 mtr, dan stelan masih akurat di jarak 50 mtr,

      untuk stelan scope biasanya... bila kita stel pada jarak 10 mtr nitik maka untuk target 30mtr, maka peluru jatuhnya keatas.demikian pula sebaliknya bila kita stel pada jarak 30 mtr nitik maka untuk target 10mtr, peluru akan kebawah (silahkan di buktikan)

      untuk kasus pak putra coba menggunakan peluru yg sedikit berat, dan kalo boleh saran.... gunakan peluru import.

      untuk zeroing sebaiknya per 5 klik utk 1x pergeseran peluru

      demikian semoga membantu...

      Hapus
  37. mas, saya punya tele merk bushnell 3-9x50EG, ketika zeroing 2 - 3 tembakan udah bisa nitik di +, tp setelah dibawa berburu, setelan lari lagi, yg mau saya tanyakan gimana caranya agar setelen zeroing tidak berubah - ubah dan apa fungsi baut yang ada pada setelan atas dan samping?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skipnya di jarak brapa meter? senapannya pompa atau gas atau per?

      apakah peluru larinya kemana-mana (grupingnya lebar)

      kalo anda skip dekat (10mtr), maka saat anda pergunakan di lokasi luas apalagi berangin stelan pasti berubah, yang berubah bukan stelan scopenya, tapi arah peluru yang dipengaruhi udara/angin, coba anda skip menggunakan peluru yang agak berat, kemudian skip pada jarak 25-30 meter lihat hasilnya

      untuk baut yang ada disamping dan atas itu adalah stelan untuk zeroing

      bisa dilihat uraiannya dipostingan ini..

      terimakasih

      Hapus
    2. (kalo kami biasanya stel pada jarak 30 mtr dengan pompa 6x, mengingat biasanya target2 kami rata2 sekitar 30 mtr, dan stelan masih akurat di jarak 50 mtr,

      untuk stelan scope biasanya... bila kita stel pada jarak 10 mtr nitik maka untuk target 30mtr, maka peluru jatuhnya keatas.demikian pula sebaliknya bila kita stel pada jarak 30 mtr nitik maka untuk target 10mtr, peluru akan kebawah (silahkan di buktikan)

      untuk kasus pak putra coba menggunakan peluru yg sedikit berat, dan kalo boleh saran.... gunakan peluru import.

      untuk zeroing sebaiknya per 5 klik utk 1x pergeseran peluru

      demikian semoga membantu...)

      klu seperti ini gimana cara kita zeroing di sepuluh 10m untuk mendapatkan zeroing di 30m? saya baru beli bushnell 3-9x40EG mildot Banner jd lebih mudah saya rasa untuk mendapatkan berapa garis dibawah tanda + tolong penjelasannya...

      Hapus
    3. dengan scope mildot saya rasa lebih mudah untuk menentukan target

      coba anda skip pada jarak 10mtr nitik
      kemudian anda tembakan ke target yang berjarak 30mtr, maka perhatikan jatuhnya peluru di garis berapa...nah itu bisa menjadi patokan anda

      silahkan dicoba
      terimakasih

      Hapus
  38. gan,mohon pencerahan soal cara baca garis2 di tele bushnell 3-9x40eg ya.
    Cara bedain tele asli atau tidak gimana ya?
    Paralax dan lock turent itu apa dan unt apa gan ya?
    Maaf banyak nanya gan
    Mohon pencerahannya gan,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. garis2 ditele bushnel...utk menentukan jatuhnya peluru setelah kita zeroing pada jarak tertentu, misalnya kita zeroing pada jarak 10 meter maka saat target kita lebih dari 10 sebut saja 20 meter maka lihat jatuhnya peluru di garis yg mana, itu bisa menjadi patokan kita...

      bedain tele asli dan yg tidak, kami belum bisa memberikan keterangan cara membedakannya, karena saat sekarang iniyang asli dan yg bukan bisa dibedakan hanya dari harga....yang pasti kalo beli second diragukan soal asli dan tidaknya, tapi kalo di toko khususnya toko sengin yg menyediakan sengin2 import, dijamin pasti asli...karena setiap pembelian scope asli akan selalu disertai dengan sertifikat dari pabrikannya

      paralax berfungsi sebagai penyetel focus, agar antara obyek dan crosshair tidak ada jarak, sehingga penglihatan kita pada scope atas obyek dan crosshair bersatu/tidak membayang

      nah untuk lock turrent barangkali rekan2 lain ada yg bisa jelaskan...

      maaf kalo keliru, terimakasih..........

      Hapus
  39. Mau nanya pak..Kalo yang sebelah kiri di BSA contender itun fungsiya buat apa yya kalo ga salah parallax KnOB...yang ada Jarak yardsnya.Apakah Berhubungan Dengan Zeroing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu paralax, ya itu pa ........ fungsinya sebagai stelan focus antara crosshair dengan gambar agar tidak terlihat ngebayang...tapi antara crosshair dengan gbr akan terlihat menyatu oleh mata kita....

      Hapus
  40. Assalamuallaikum kang, mau nanya dong.. Saya punya sengin model jadul warisan dari ortu saya pas muda, nah modelnya itu dia tempat kokangnya ada di bawah dan cuma sekali kokang saja. Thu. 90an. Kira kira bagusnya pake scope apa ya gan? Thx.
    Bintangarief@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya di pinggir atau betul2 dibawah, atau seperti model wincester? sepanjang ada dudukan buat pasang scope, model apa saja bagus pa...sekarang ini sudah banyak scope dengan model yang bervariasi dan dengan harga yang terjangkau...silahkan yang jelas harus diperhatikan kalo senapan yang dipunyai model pompa dan per sebaiknya pilih scope ukuran 3x9x32 atau max 3x9x40

      terimakasih

      Hapus
  41. cara settingnya gimana parallax?kan ada yardnya tuh,misal target di jarak 25 yard kita klik 25 yard di parallax?trus setelah settting cuma kita kira2 degan mata apakah gambarnya sudah fokus atau belum ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. persis...bila kita rasa crosshair dan gbr sudah fokus berarti tidak usah disetting lagi...

      nah coba bung Dni mencoba2...karena pada setiap bagian scope pasti ada fungsinya...tetapi yang penting jangan membersihkan dalama scope dengan tangan / dibongkar bila tidak karena terpaksa...karena dikhawatirkan menyentuh crosshair yang sangat rentan putus..

      terimakasih, maaf bila penjelasannya kurang berkenan

      Hapus
  42. jadi tiap jarak yang berbeda maka parallax knob harus selalu diubah?misal tttarget di 30 yards maka parallax knob di klik 30 yards trus kalo berubah target di jarak 50 yards maka parallax knob diklik 50 yards?jadi lebih repot dong dariipada scope yang ga ada parallaxnya...apa yang terjadi misal parallax nya di 100 yards tp targeet yang kita tembak di 20 yards?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak usah setiap kali pindah jarak hrs stel...itu hanya untuk memfocuskan gbr saja dengan cross hair, bila dirasa gbr dengan crosshair tidak nyaman dimata kita, baru kita stel...kalo sudah nyaman ya langsung saja dor...

      Hapus
  43. gan mau nanya untuk tele bushnell 3-9 x 40 eg.
    anti getar gak?
    trus harus di setel ulang trus gak klo di pasang di senapan pompa? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila untuk senapan pompa, per atau pcp, jenis tsb aman dari getaran, tetapi tidak tahu bila dipergunakan pada senapan jenis gejlug...

      scope bila dipergunakan pindah2 senapan tentu saja harus di stel ulang

      terimakasih, semoga bisa membantu

      Hapus
  44. Jadi Buat mendapatkan Keakuratan Tembak Lebih Baik Di coba Zeroing per 10 meter ya pak?
    misal 10 meter elevation& windage sekian 20 meter sekian 30 meter sekian sampai 100 meter...
    Oh ia Kemaren saya coba Zeroing di 15 meter Dan waktuu tembak di jarak 40 meter peuru lari ke atas itu umum ya pak?jadi kalo sudah ahli tinggal maen turret aja ya?sama yang terakhir jarak tiap zeroing dari 10m 20m sampai 100m maka yang dimainkan hanya eleveation ya pak karena windage tidak berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pa kalo lebih dari jarak skip peluru akan keatas, nah pa dni bisa test lagi kalo sudah di skip 15 mtr peluru kemudian ditembakan ke jarak 10 meter atau kurang maka peluru akan kebawah,

      pengalaman saya dengan pompa 6x di skip jarak 15 meter maka masih akurat dijarak 30 mtr dan bila lebih dari 30 maka peluru akan jatuh sedikit diatas target, tapi silahkan pa dni coba tembakan di jarak 30 mtr maka kemana larinya peluru pa dni...

      jadi kalo sudah terbiasa pa dni bisa mengira2 jarak maka pa dni hanya perlu mengubah stelan atas saja...

      terimakasih

      Hapus
  45. tp kalau di jarak 10 meter sudah nitik tp di 20 meter windage nya berubah ke kanan atau ke kiri sedikit itu karena faktor apa pak?angin?apakah di 20 meter angin berpengaruh banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya bukan karena pengaruh angin, sepanjang peluru jatuh kekiri masih pada bekas yg sama, hal itu terjadi bisa karena saat turet atas diputar maka windgage ikut bergerak, jadi hal itu menurut saya wajar...tetapi bisa jadi karena goyang

      mekanisme turret dan windgage menggunakan pegas yang menyangga dudukan lensa tengah, sehingga saat kita stel turret terkadang windgage juga harus ikut distel

      Hapus
  46. pak Mau Tanya lagi hehe banyak nanya nie saya
    Zero 10 meter elevation 3.1 windage 2
    zero 15 meter elevation 3 windage 2 dengan catatan puter 360 derajat ke kanan arah tutup skrup suapaya sampai ke 3 awal
    zero 20 meter elevvation 13.1 winddage 2
    yang mau ditanyakan bagaimana jika sasaran berada di 13/17 meter jika yang kita inginkan dengan bermain turret/elevation ? atau kita kira2 saja elevation kan dari 0-14 jadi buat di 17 meter seperti 2/5x10 = 4 jadi sekitar putar 6 klik ke arah kanan dari zero 15 m yaitu hasilya 7 elevation?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....tidak apa2 pa dni...hanya saja kayaknya pengetahuan saya belum sampai kesana soal cara menghitung elevation dan windage-nya,

      saya menggunakan pola primitif aja...(hehehehe) setiap muter stelan atas maupun samping putar per 5 klik dahulu jadi akan mudah bila kelebihan bisa di mundurkan kembali per 3 klik sampai peluru zeroing.

      petunjuk di scope biasanya ada instruksi 1 klik = 100 yard (maaf kalo salah) hal itu tidak bisa dijadikan sebagai patokan

      jadi yang saya pergunakan adalah metoda perkiraan

      atau pa dni bisa mencoba tulis setiap per 10 meter zeroing

      misal pa dni sudah zeroing pada jarak 10 mtr nah jadikan jarak tsb sebagai patokan 0 klik

      kemudian jarak ditambah menjadi 20 mtr, bila berubah maka hitung berapa klik elevation dan berapa klik windage nya, agar peluru zeroing di jarak 20 mtr, begitu seterusnya, sampai dengan posisi 50 mtr (maximal akurasi senapan angin konvensional / pompa dan per), kemudian tulis agar pa dni suatu saat dilapangan bisa menggunakan metoda tsb

      atau pa dni bisa juga mempraktekan pola pa dni tsb barangkali itu akan lebih memudahkan perkiraan zeroing scope dibanding menggunakan metoda saya...

      Hapus
  47. Mau tanya, kenapa setelan scope sistem klik tp kok tiba2 tidak bunyi klik lagi, kalo diputar terasa ngelos.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 kemungkinan :

      1. per kliknya amblas...coba pada stelan yg ngeplos itu putar kearah kanan (membuka sekrup) sampai lepas..kemudian lihat di pinggiran kepalanya disitu ada sekrup kecil, buka sekrup dengan menggunakan obeng kecil (obeng buat jam tangan) atau apa saja yg penting bisa buat buka sekrup tsb, hati2 karena didalamnya ada per kecil, nah coba lihat per kecilnya apakah amblas, atau patah...ganti aja dengan per bekas bensin (korek api gas), dengan panjang disesuaikan.

      2. knop kliknya sudah aus, kalo mau di ganti bisa diakali dengan logam tembaga bekas kabel ground, cara bongkarnya sama dengan point 1 diatas

      terima kasih silahkan dicoba..

      Hapus
    2. Kalo diputar terus cuma mentok aja ga bisa diputar terus. saya ada gambar scope saya, coba lihat disini : https://www.facebook.com/groups/126795870734980/505782416169655/?notif_t=group_comment

      Hapus
    3. ga apa2 pa...sampai mentok aja...ga usah di lepas kemudian lihat di pinggir kepalanya, ada sekrup kecil....

      Hapus
  48. gan...maaf ya...mo numpang tanya....perbedaan pake mounting pendek dan panjang yang berbeda apanya ya...soale posisi jatuh peluu selalu diatas target1titik...padahal elevasinya dah mentok. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuan kami mounting tinggi dipergunakan untuk senapan laras panjang atau scope pendek.

      untuk senapan konvensional (pompa/per) sebaiknya pergunakan mounting pendek

      yang anda pergunakan mounting tinggi atau pendek? sehingga peluru selalu jatuh diatas target sementara stelan atas sudah mentok di bawah...

      kalo boleh tahu senapan anda jenisnya seperti apa, pcp, pompa, atau per?

      nah barangkali bisa dicoba solusi masalah anda sbb:

      1. periksa ketinggian mounting apakah sama atau tidak?

      2. coba posisi mounting ditukar yang depan pasangkan di belakang begitu pula sebaliknya.

      3. posisi scope terlalu kebelakang, coba digeser ke depan

      4. bila anda menggunakan mounting tinggi ganti dengan mounting pendek.

      5. lihat posisi scopenya apakah bagian depan terlalu mendongak keatas atau ke bawah...


      nah mudah2an masalah anda bisa terselesaikan ... terimakasih

      Hapus
  49. Sekedar sharing bro Silent shooter
    Mounting yg tingi ditujukan unt tele dgn lensa obyektif besar atau unt menembak jauh, unt sengin pompa sebaiknya pakai mounting pendek.
    Penyebab kasus perkenaan diluar setelan maksimum tele bisa disebabkan oleh mounting yg tidak center atau laras yang bengkok, unt mengatasinya bisa membeli mounting khusus unt sengin patah loop (break barrel), mounting ini bagian belakangnya dilengkapi setelan kiri-kanan (windage)dan atas-bawah (Elevation)tujuannya agar mounting bisa "align" atau searah dengan laras, krn umumnya laras senapan patah loop tdk "align" dgn bagian belakang,
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  50. mohon bantuan kalo peluru di bawah kanan target itu gimana zeroing dengan scope RETARGET ? Bingung nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. putar stelan atas ke sebelah kiri (seperti membuka sekrup) sebanyak 5 klik dulu, setelah itu stelan samping putar ke kiri juga (seperti membuka sekrup) sebanyak 5 klik dulu, ulangi terus bila belum sampai ke titik target, bila kelebihn tinggal diputar sebaliknya, demikian silahkan mencoba....terimakasih

      Hapus
  51. Wah Matur Nuwun Kang Salam dari kalbar :)

    BalasHapus
  52. yang membuat berubah-ubah apa ya mas???
    punya saya zero di pakai smpai 2 hari saja stelah itu lgi berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf.... scopenya masih baru atau sudah lama sekali...

      kalo masih baru :

      1. coba dengan peluru jenis waddcutter/flat point/permukaan rata

      2. bersihkan laras dengan kain (barangkali ada sisa oli)

      bila scopenya sudah lama sekali, coba stelannya di buka dulu (putar seperti membuka sekrup) kemudian pasang / stel kembali / seolah2 di reset)

      bila saat di buka stelannya ada per yang keluar, coba per tsb diganti, cari saja per yang sejenis

      silahkan dicoba

      Hapus
  53. Bro Wayan
    Kalau sudah mencoba cara yg disampaikan LARC masih tetap berubah, coba setelah melakukan zeroing senapan dipukul pukul pakai telapak tangan, terutama bagian atas scope, kalau tembakan berubah lagi berarti setelan bagian dalam scope yg tidak bisa lancar, setel ulang lagi, kemudian pukul2 lagi, sampai tembakan tidak berubah (tube setelan yg di dalam sudah mapan), tetapi kalau setiap dipukul pukul selalu berubah........ Alhamdulillah berarti... beli scope baru...........

    BalasHapus
  54. Kang, anda baik sekali mau berbagi pengetahuan dengan tulus....Sukses slalu !!! GBU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kang....sukses selalu juga buat anda.....

      Hapus
  55. Gan sy punya busnell 3-9x40eg baru beli kenapa ya titik + nya berubah berubah terus kalo ngekernya agak dari samping kiri/kanan dan dari agak atas /bawah... Sedangkan yg merek benyamin tidak sperti itu... Apa karna harganya yg murah... Jadi sangat susah seting zeroingnya apa senapan saya yg jelek tolong bantu gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sepanjang stelannya dengan jenis klik, stelan scope tidak akn berubah2 sampai kapanpun kecuali di buka dari senapannya dan akibat jatuh...

      coba zeroingnya dengan menggunakan mimis yang berbeda2, kalo sudah ada ketemu yang cocok biasakanlah menggunakan mimis dengan merk tsb

      karakter laras dan senapan tidak sama, sehinga perlu berbagai macam mimis utk dicari kecocokannya

      jadi jangan dulu menyalahkan dulu scopenya apalagi scope tsb masih baru

      selain itu coba larasnya dibersihkan juga, barangkali masih ada tersisa pelumas dll

      silahkan dicoba, terimakasih

      Hapus
  56. Thank gan Scopenya maksut saya bukan berubah berubah stelannya tapi kalo ngekernya agak dari samping kiri dan kanan tanda + nya pindah tempat dari titik bidik ..

    Nah senapan saya tes pake laser . Sudah saya ikat .pluru larinya kekanan kekiri aduh udah saya coba pake bermacam2 mimis... Saya curiga laras senapan saya yg jelek.. Snapan saya merk sharp river :( juga masih baru... Sedangkan snapan kakak saya sharp innova pakai scop benyamin huh mantep banget akurasinya... Sdangkan snapan saya mimisnya mencong sana mencong sini hampir putus asa jadinya..
    Kalo ganti laras bisa gak ya gan ...yg laras baja ulir 12... Dan dimana ada di jual laras baja yg cocok untuk river saya ??? Tx atas jwabannya... Maaf banyak bgt pertanyaan saya gan... Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ups maaf saya kira stelannya, saya bisa terangkan, masalahnya namun tidak bisa disini, coba kita diskusi di email ya...ini email kami larc2005@gmail.com

      tks kami tunggu

      Hapus
  57. Met pagi bung Edy nump tanya bahan apa yg bagus utk laras sengin Sharp Tiger 4,5 mm 177 ? sya mengggunakan tele bushnell 3-9x40 E. terima kasih met pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi.... bahan laras yang ada pada sharp tiger yang ada selama ini kualitasnya bagus, seimbang dengan laras canon737, sebaiknya kalo belum aus larasnya jangan dulu diganti, kecuali kalo mau diganti dengan laras panjang, tapi dengan laras standar untuk longrange juga masih cukup akurasi....

      Hapus
    2. Terima kasih atas sarannya Bung..salam olahraga.kesabaran.. hehehe.

      Hapus
  58. Sore bung, namaq fdly dr sulteng, mau nanya, kenapa ya senapanq gak nitik, klo ditembak jarak 10 meter peletx lari kiri-kanan jrakx ampe 6-7cm, pdahal waktu nembak posisi senapan diletakkan di atas meja kayu yg udah di setting buat senapan spy gak bergerak sdikitpun.
    senapan kondisi baru merek shap innova, pke pelet shap inova kalengan, (tajam) mohon bntuannya

    BalasHapus
  59. sambung yg td< dr fadly,
    mau ralat aja, klo di tembak jarak 10 metr, lari pelet dri titik sasaran 3-4 cm kekiri kdang ke kanan. mohon bantuannya.

    sukses bwt LARC..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pa fadly dari sulteng...

      senapan sharp innova adalah senapan angin yang berkualitas...permasalahan kenapa tidak nitik, saya sudah bisa langsung jawab...masalahnya ada di pellet/mimisnya, memang pellet jenis tsb kurang bagus, coba pa fadly ganti jenis dengan model wadcutter (rata) kalo ada dengan mimis/pellet import dan bandingkan hasilnya, atau kalo mau pake mimis lokalan cari yang bentuknya rapi tapi bukan model yang tajam tsb.

      terimakasih, salam...

      Hapus
  60. Bro anonim, titik yang berubah-ubah pada telescope bila posisi melihatnya tidak lurus itu dikenal dengan istilah Parallax dr bhs Yunani yg berarti pergeseran. Contoh kasus parallax adalah seperti kalau kita naik KA terus melihat keluar jendela. Benda dekat jendela kelihatan bergerak cepat sdgkan yg jauh terlihat lambat/diam.
    Fenomena itulah yang dipakai telescope untuk mengetahui jarak (termasuk jarak bintang2 di kangit).
    Krn kalau tele anda dilihat reticlenya berubah-ubah maka setelan paralaksnya tdk pas. Lakukan hal berikut :
    Pasang zoom tele terbesar (9x), pasang tele di senapan dgn jarak lensa okuler dari mata 7.5-10 cm. Gambar/bayangan harus nampak full sebesar lensa. setel lensa depan (lensa obyektif) sehingga benda yg dilihat maupun reticle tajam. Kalau tekescooe anda adalah telescope senapan angin (di boksnya tertulis Airgun scope atau air rifle scope bukan cuma rifle scope) maka jarak terdekat bisa dibawah 10m tp kalau bukan air rifle scope biasanya agak jauh.
    Kalau semua sdh benar akan akan terlihat jernih, tajam dan reticle tdk lari2.
    Selamat mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pa forester, nambah ilmu juga buat kami ....

      Hapus
  61. mohon pencerahan mas.(LARC) bagaimana Cara mengganti crosshair/+ Yang terputus. bahan gantinya apa dan bagaimana membuatnya...?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah mengalaminya (thn 2009) saat istirahat hunting teman kami sengaja bersihin scopenya dan tidak sengaja menyentuh crosshair hingga putus, lalu cari-mencari bahan yg sangat tipis namun susah, akhirnya pilihan jatuh kepada rambut (yg sangat tipis) dan kebetulan kami selalu membawa lem superglue (alteco) lumayan kuat sampai sekarang masih dipakai....

      atau dengan bahan nylon cari yg sangat tipis sekali, kalo ada serat nylon dari bekas kabel UTP atau kabel ear phone..

      cara memasangnya, buka dudukan crosshair yg ada di scope, dengan cara putar kekiri, setelah lepas semua, bentangkan bahan crosshair membentuk + kemudian lem pake alteco, usahakan agar dipasang secara simetris, setelah itu masukan kembali dengan hati2

      kalo mau diganti dengan crosshair titik ditengah bisa sekali......dengan kreatifitas dengan menggunakan kaca tipis yg di gravier....

      nah silahkan mencoba...buat serapih mungkin........terima kasih

      Hapus
  62. saya dari propinsi banten, punten bade banyak tanya. Kumaha yeh kang, yang dimaksud zeroing itu apa ya? trus telescope bushnell 3x9x40 yg saya punya kalo saat saya stel dengan memutar stelan atas/bawah, itu stelan kanan/kirinya malah ikut bergerak? kumaha solusina kang, hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. zeroing atau skip adalah setting scope pada senapan agar jatuhnya peluru tepat pada satu titik tertentu yang sudah dipilih

      maaf apakah scopenya masih baru atau sudah lama,
      bila masih baru sebaiknya ditukar aja, dan kalo scope lama, coba bongkar stelan atas dan stelan pinggir sampai keluar dan saat nanti sekrup pemutar keluar, ada per penahan putaran, ganti pernya dengan yang agak keras

      masalah stelan kiri/kanan ikut bergerak,barangkali maksudnya, bila kita stel scope keatas, maka posisi jatuhnya peluru yang tadinya sudah pas menjadi berubah, selama ini saya belum pernah menemukan hal seperti itu, pada scope besar? karena stelan atas dan stelan pinggir selalu ada klik pengunci...

      demikian semoga membantu
      terimakasih

      Hapus
    2. maksudnya; karna saya perhatikan dengan jelas benang/garis+ yang ada didalam scope, kalo saya putar stelan atas/bawah, benang/garis+ itu pergerakannya bukan hanya ke atas atau ke bawah tetapi ikut menyamping, padahal saya gak memutar stelan kanan/kiri. Awalnya saya juga gak tau, tapi lama-lama saya berfikir "padahal saya cuma memutar stelan atas/bawah, tapi dari hasil tembakannya selalu berubah kesamping" dari situ mulai saya perhatikan perlahan benang/garis+ yang ada didalam telescope tersebut. Terima kasih nih kang

      Hapus
    3. sepertinya bukan benang/garis (crosshari) itu yg bergerak tapi lensa dalamnya yang bergerak,

      crosshairnya tidak bisa bergerak, karena dia terbuat dari baja supertipis dan di las khusus

      nah soal pergerakan tadi coba bapak bongkar scopenya lihat pegas yg menahan lensa dalam/tengah, barangkali itu sudah lemah, hingga saat diputar stelan atas, lensa dalam ikut berputar karena tidak tertahan oleh pegas tsb

      silahkan pa dicoba...terimakasih

      Hapus
    4. apa benar kalo dibongkar, gas yang ada didslam riflescope akan keluar dan rusak? ok, terima kasih juga

      Hapus
    5. benar kalo dibongkar gas yg didalam akan keluar, namun itu tidak akan merusak scope, sepanjang perawatannya sesuai (tidak dipergunakan saat hujan dan disimpan ditempat yang hangat)

      pengertiannya gas didalam itu berfungsi agar scope tidak berembun, saat dipergunakan dicuaca lembab, saat scope dibongkar dan ditutup kembali maka scope tersebut rentan ber-embun, sehingga perlu perawatan extra, sebab bila bekas embun tidak di keluarkan, maka lensa scope akan terserang jamur, dan bila sudah terserang jamur, lensa scope akan susah untuk dibersihkan...

      sebaiknya kalo bapak belum siap dengan konsekwensinya bongkar scope, sebaiknya bawa saja ketokonya...

      demikian terimakasih

      Hapus
  63. Maw nanya gan maksud dari zero reseting apa ya sekalian ama penjelasan + caranya makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. zero reseting artinya, mengulang kembali settingan scope terhadap jatuhnya peluru, bila memerlukan reseting berarti kita sedang membongkar dalaman scope stelan atas atau samping (turet), karena bagian dalam (lensa) terkunci oleh turet tsb sehingga harus dibuka, nah saat dipasang kembali berarti saat kita memasang kembali turetnya itu disebut reseting, kita harus menyesuaikan kembali jatuhnya peluru tepat di titik yang kita tentukan.

      demikian pa..semoga membantu

      Hapus
  64. Ijin gabung gan sy punya telescope merek BSA 3-9x32AOE lo nembak sasaran mimis selalu jatuh di kanan atas,,, gimana cara setel agar pas pada sasaran.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. anggap saja, jarak jatuhnya kanan atas 5cm

      1. putar stelan atas kearah kanan 5 klik (seperti menutup sekrup)

      2.dilanjut putar stelan pinggir kearah kanan 5 klik (seperti menutup sekrup)

      3. lanjut seperti point 1 dan 2 sampai posisi peluru jatuhnya tepat di titik sasaran

      demikian semoga membantu, terimakasih

      Hapus
  65. Kalo zeroing uklik berapa kali pompa sama jarak targetnya kira2 berapa meter gan untuk sharp ace deluxe makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman kami...biasanya zeroing jarak 30 meter dengan pompa 6x masih akurat pada jarak 50-60 mtr, kami menggunakan scope 3x9x32 dan 3x9x40,

      silahkan ditest pa....

      Hapus
  66. gan , saya beli telescope utg leapers 6-24x 50Aoe , setelah sya zeroing ternyata mimis jatuh kekanan sekitar 10cm dari target , padahal sekrup vertikal dan horizontalnya sudah maksimum gan , setelah sya cek lagi ternyata tele saya agak miring kekanan , + mountnya juga gak lurus , apa itu berpengaruh gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu sangat berpengaruh pa....scope harus lurus simetris, ganti mountingnya, atau periksa rel mounting nya, atau kalo mau di akalin aja mountingnya dengan cara diganjal, pastikan agar posisinya lurus, pastikan juga posisi scope tidak tinggi sebelah (bagian depan dengan bagian belakang harus lurus simetris...

      terimakasih..

      Hapus
  67. bang, numpang nanya nih. kalo cara untuk membuka dudukan crosshair itu gimana.???? thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin yang dimaksud buka kunci crosshair...itu harus menggunakan plat sebesar lingkaran scope lihat di sekeliling kunci crosshair ada 2 (sejajar) tempat utk memutar, gunakan plat tsb dan putar ke arah kiri, tapi hati2 sekali, karena tekanan crosshair bisa bengkung atau putus,

      kalo saran kami sebaiknya bawa scopenya ke rekan2 bapak yg sudah pengalaman dalam hal bongkar scope...

      demikian...terimakasih

      Hapus
  68. Bang mau nanya scope sy accurate jgbgm8..
    knp ya garis vertikal dn horizontal didalamnya miring,jd garis vertikalnya jd diagonal,tolong dibantu bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempet jatuh kah? atau pernah dibognkar? akayaknya itu hrs di ganti crosshairnya bu....

      tapi sebelumnya pastikan dahulu apakah saat kita pasang scopenya simetris apa tidak? kalo sudah simetris, berarti memang crosshairnya harus di ganti, kayaknya itu scope pernah jatuh atau pernah dibongkar, kalo scopenya masih baru..sebaiknya tukarkan lagi aja bu...

      terimakasih

      Hapus
    2. Mf sblmnya sy laki bang,hehe..
      gk ada jatuh atau blm pernah dibongkar..
      sdh simetris bang,kl mau ganti crosshairnya dmn bang..?

      Hapus
    3. hehehe...mohon maaf atas kekeliruannya...

      kalo memang perlu diganti...kita hrs berinovasi sendiri...

      setelah dudukan crosshairnya lepas dari scope, bapak cari serabut benang nylon, bekas kabel utp (kabel internet)...tempel menggunakan lem alteco pastikan seratnya cari yang paling tipis...

      nah barangkali bisa di coba...itupun bila memang dipandang perlu utk mengganti crosshairnya misal bila crosshairnya putus atau bengkung sehingga tidak enak dipandang..

      teirmakasih

      Hapus
  69. salam kenal Om LARC...... saya newbie, minta saran mo bli scope merk bushnell (china) setelan bisa dikunci system klik kali ya klo ga salah maklum awam..... mohon bantuannya Om LARC....
    Bushnell(china)
    3-9x40EG
    3-9x40AOE
    3-9x50AOEG
    untuk type diatas setelan bisa di kunci ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pa sebenarnya rata2 scope ukuran besar, semua stelannya menggunakan sistim klik

      terimakasih

      Hapus
    2. terima kasih Om LARC.... dah dah kasih masukannya, tapi saya ga jadi meminang PCP asal galumpit hihhhiii budget cuma 2jt lom dapet.....
      beralih ke uklik sharf innova short pktan 650rb+plus http://senapanangin.us/index.php/senapan-angin/senapan-angin-multi-pump-pneumatic/25-sharp-innova-short, nabung dulu, j-dor jln trus.. success Om LARC

      Hapus
    3. oh ya Om LARC tanya lagi nih, kalo menurut Om LARC untuk sharf innova short yg mau saya beli bagaimana ya soal jarak akurasi tembaknya ya Om..... apa ga bagus, apa lumayan, apa bagus? mohon pencerahannya Om LARC.... terima kasih b4 SUCCES S'LALU

      Hapus
    4. kami belum pernah nyoba sharp innova short, tapi pada dasarnya semua jenis sharp innova akurasinya cukupbagus,

      silhakan pa...terimakasih

      Hapus
  70. salam kenal kang LARC......
    saya pake senapan canon super 737, scope "hakko 3-9x40"...
    pas zeroing saya pasang zoom nya di 4 ternyata nitik gan,,trus saya ubah zoom nya jadi maksimal, eh malah loncat kang,,itu knapa ya?
    apa emang zoom gak boleh di ubah ya kang?

    terimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pa...stelan scope utk setiap zoom pasti berbeda, karena gambar / visual target bergerak saat kita putar zoom, jadi kalo mau menggunakan zoom sebaiknya kita berlatih utk membiasakan akurasi mimis pada setiap zoomnya

      terimakasih

      Hapus
  71. terimakasih masukannya kang,,

    kalau senapan jenis bolt kokang bisa pakai telescope gk ya?
    soalnya visirnya langsung di mur...

    terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sekali pa...silahkan di lihat di http://larc2005.blogspot.com/2011/02/cara-memasang-telescope-senapan.html
      prinsipnya sama...

      terimakasih

      Hapus
  72. apakah scope yang biasa dipakai pada senapan angin, bisa juga dipakai pada senapan api?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami tidak tahu pasti, namun bila melihat funsginya bisa juga pa, hanya yang membedakan pada mountingnya, nah barangkali rekan2 yang lain bisa membatu

      maaf tidak bisa membantu banyak...terimakasih

      Hapus
  73. kang mau nanya dikit nih, ane baru beli scope bushnell 3-9x28EG stelan dah mentok tapi mimis jatuh dibawah, model mounting jepit, hatur nuhun kang. oh ya sekalian nih kang, kegiatan LARC apa aja kang? ada hunting ke hutan2 ga?? soalnya saya hoby hunting adventure.

    BalasHapus
  74. mohon inpo kalo ada yang punya laser bore sighter bekas saya mau, biar bisa zeroing di dalam rumah.

    add pin sy : 230FDE6D

    BalasHapus
  75. kang,saya barusan beli scope merk gamo 3-9x40 ir glass reticle.
    sudah dicoba zerroing ditembakkan beratus kali tetep aja posisinya ngacak.
    kalo saya liat di youtube,misal posisi jatuh peluru dikanan bawah.
    cara zerroingnya,kita tetap bidik ketengah,namun atur putaran kanan dan atas sehingga crooshairnya ketempat jatuhnya peluru tadi(kanan bawah).
    stelah itu coba dibidik dan tembak lagi ketengah.hasilnya pasti pas.
    namun permasalahannya,scope saya diputar sebanyak apapun yang kanan dan atas,kok crosshairnya gak bergerak ya kang?tetep ditengah aja.
    namun walau tetep ditengah,jatuh peluru berubah,
    saya bingung gimana cara zeroing.apakah scope KW memang crosshairnya gk bergerak ya kang kalo elevation sama windagenya diatur

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya infokan kalo crosshair itu tidak bergerak pa, yang bergerak itu adalah lensa tengah menyesuaikan dengan crosshair sesuai stelan kita, nah dalam kasus bapak ini, maaf apakah bapak sudah mencoba dengan berbagai macam peluru? kemudian peluru yang digunakan coba menggunakan produk import, belum tentu masalahnya ada pada scope, selain itu coba bapak bersihkan larasnya, dengan kain kering, barangkali ada sisa minyak yang pada laras...

      terimakasih

      Hapus
  76. .telescop supaya tidak mengembun lagi bgaimana ndan. .soalnya sudah saya bersihkan sampai kinclong tapi nggak tahan lama .embun masih balik lagi?
    ..matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kami, saat scope mengembun, setelah di bersihkan, scope tidak langsung di tutup, tapi biarkan sampai benar2 embunnya keluar, setelah itu pasang kembali lensa depan dan belakang.

      kemudian simpan di tempat yang kering, kalo bisa menggunakan sarung senapan yang tebal, atau kalo scopenya di lepas, simpan scope di dalam ruangan yang ber lampu (kecil saja) agar tidak lembab

      demikain semoga membantu, terimakasih

      Hapus
    2. .thanks ndan ,dah smbuh
      ..salam hunting.

      Hapus
  77. teleskop saya bushnel 3-9x40EG, apakah benar crosshair tele ini sering brubah settingan nya, bagaimana sih mensiasati titik zero di 30-50mtr smentara tele disetting pd range 20mtr. thanks LARC

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga pa, kecuali kalo sengin bapak jenis gejlug atau per...nah kalo utk mensiasati titik zero melebihi stelan zero, crosshair scope yg digunakan harus mildot, kalo crosshair yg biasa agak sulit mengira2nya pa, hanya insting yg bermain...

      Hapus
  78. Saya baru order senapan gejluk Mas
    Mau tanya nih...saya punya tele model Bushnell 3-9x50E..apakah itu tahan dipasang digejluk saya?...takutnya rusak crosshairnya krna coba2...dan kalo tele yg tahan buat dipasang di senapan gejluk itu yg bagus merk apa ya dan hrganya kisaran maks 400k...makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo utk gejluk tele merk mahal sekalipun agak riskan pa...masukan saya kalo bisa utk sistim pompanya di rubah / ditambah dengan fasilitas pentil utk pengisian seperti pcp, atau yg menggunakan pompa biasa, sehingga scope bisa aman, anda bisa membawa pompa injak biasa saat hunting.

      demikian terimakasih...

      Hapus
    2. Maksudnya pompa biasa itu pompa sepeda atau spt hill pump?..soalnya klo hillpump harganya msh lumayan mahal..gejluknya dual power sih mas.oya..klo scope yg non zoom & bukan reticle glass bagusnya merk apa ya?..ada yg bilang hakko tahan jg buat gejluk.

      Hapus
    3. ya maksudnya hillpump, memang mahal juga sih....apalagi untuk gejlug yg dual power, atau kalo mau, coba aja pake pompa biasa, hanya cukup lama mompanya...

      nah kalo yg sudah saya pergunakan sampai saat ini hakko cukup kuat utk senapan spring, sepertinya utk gejlug juga bisa kuat pa...tapi kalo boleh saran sebaiknya bapak kalo mau menggunakan scope utk gejlug pergunakan scope dengan jenis retcle glass, tapi saya gak tau merknya, itu dijamin gak bakal rusak crosshairnya, karena crosshair nempel di kaca tengah, hanya kelemahannya, kaca tempat reticle glass seringsekali terlihat bintik2 kena jamur, makanya harus sering dirawat, agar tidak berjamur

      Hapus
    4. Ok mas..makasih sarannya..salam Bedillers! :)

      Hapus
  79. .misi gan ..saya punya senapan sharp dragon ,tapi pas saya kasi laser kok geser terus kalo di tembakan. mohon pencerahanya .laser saya pasang disamping tele..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya stelan laser di kombinasikan dengan scope?

      kalo pake laser, jarak yg di setting adalah akurasi di titik tsb, mundur, atau maju sedikit saja, tidak akan kena, jadi kalo pake laser, bapak harus dapat mengira2 jarak target dengan stelan laser sebelumnya, gak usah menggunakan crosshair lagi

      silahkan di coba2 pa... terimakasih

      Hapus
  80. Permisi gan klo larinya peluru samping kanan atas di dekat titik kedua mohon di bantu yah . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. putar stelan atas ke kanan 5 klik dan stelan samping ke kiri 5 klik, putar kembli (ulang) bila perubahannya hanya sedikit, biasakan putar sebanyak 5 klik agar mudah utk menghitung perubahannya

      terimakasih

      Hapus
  81. gan ane kmren beli bushnell 3-8x32 di pake di airosft tipe MK678, nah kmaren temen ane muter setelan ngawur... nah ngembalikan ke seperti awal gimana?? mhon ya bro.. kacau nih tele ane :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jatuhnya peluru kearah mana?...coba bapak lihat ulasan cara zeroing di postingan ini diatas..

      teirmakasih

      Hapus
  82. Permisi mas mau tanya. Tulisan "1 klick 1/4 moa" yg ada d pemutar elevation n windage itu apa artinya?

    BalasHapus
  83. Permisi gan, saya baru beli laras baja 12/60 buat sharp innova, saya lg bingung pasang laras ke resiver pake lem apa ya, trus apakah lemnya harus banyak biar kuat, apabila larasnya tidak di lem, mungkinkah akan terjadi kebocoran angin? Mhn penjelasannya,,, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kami selalu menggunakan lem alteco (superglue), atau kalo bapak mau coba dulu pake lem pvc, atau lem uhu yang multifungsi, bila masih longgar atau kurang kuat langsung aja pake lem superglue (alteco), lemnya gak usah banyak2 yang penting celah antara masuknya laras ke receiver tertutup lem.

      silahkan dicoba pa...terimakasih

      Hapus
    2. Trims gan,,,lar snya sdh di pasang, tapi kok lubang yg ada di laras / lubang angin hanya terlihat separuh lingkaran ( di liat dari lubang yang ada di resiver), senapan di pompa 1 x trus di isi mimis trus di tembak mimisnya ga kluar, saya coba pompa 3 x jarak 10 m pake mimis sharp diablo yg kepala rata tenyata hasilnya mimis lari2 tidak grouping,, mhn ptunjukny,,

      Hapus
    3. ohh....berarti saat pasang laras tidak di centerkan dulu lubang anginnya, seharusnya dicenterkan dulu lubang angin receiver dengan lubang angin yg ada di laras harus bulat, tidak boleh sepotong, karena itu yang menentukan angin keluar dengan bebas, sehingga tenaga bisa maximal keluar, setelah itu baru di lem....setelah itu coba cek kembali..semoga lari peluru tidak kemana2..

      Hapus
  84. .misi ndan ..nanya lagi .saya punya rifle scop bushnel 3x9x40 EG .masalahnya setelah zeroing sering geser walaupun cuma dibawa jalan kaki .sudah puluhan kali tetep sama. .mungkin ada tips modifkasi. ..

    BalasHapus
  85. . misi ndan.. mauu nanya.. kalau stelan yang atas sudah di set ke maksimum, ( paling longgar ) namun jatuhnya peluru tetap dibawah kiri target kenapa ya? mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya masalh tsb terjadi karena mounting gak sejajar, bisa lebih tinggi depan atau belakang, coba bapak ganjal mounting dengan kertas, bagian depan atau belakang, perhatikan perubahannya...

      terimakasih

      Hapus
  86. Bro.. Slama ini sy pake Hakko 4x32 utk gejluk, gak ada masalah.. pengen ganti Hakko 4x40, kebetulan ada seller yg nawarin.. kira2 lbh bagus gak?? Please pencerahanx ditunggu ya bro.. makasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti nambah kualitas jangkauan donk pa disesuaikan dengan powernya...bagus...silahkan diganti pa....

      terimakasih

      Hapus
    2. Siip.. jadi mantap skg.. lsg tak ambil aja kalo gitu.. makasi bro..

      Hapus
  87. saya sempat dibuat stress dgn permasalahan tele, saya baru saja beli tele merk sniper, tiba2 saya iseng ingin membersihkan debu dgn kain pembersih dari tele, ketika saya mengelapnya, ada bekas pada lensa depan, akhirnya saya beli pembersih kaca merk cliing, lalu saya menggunakan metode diatas, lensa menjadi bening kembali seperti baru dan yang saya ingin tanyakan apakah tele merk sniper LT4-16x40 AOL menggunakan coating/membran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih semua scope selalu menggunakan coating, yg penting, jangan sampai mengutak-atik lensa tengah aja pa...kalo memang tidak perlu...itu yg paling membuat kita stress, karena bila memasang lensa tengah terbalik, maka visual atau zooming akan berubah, dan dijamin scoope dipakenya bakal tidak nyaman lagi...

      Hapus
  88. Salam kenal Pak.
    Sya sudah coba berbagai macam tele china Hako, Norconia, Simmons, Bushnel dengan bebabagai macan model tapi penyakitnya sama yaitu: kalau turet elevasinya diputar maka setelan windagenya akan bergeser. begitu juga sebaliknya kalau windagenya diputar maka elevasinya akan bergeser. saya tanyakan beberapa rekan yang memakai merek lain buatan china juga berkomentar seperti itu. Disarankan agar membeli tele asli yang harganya jutaan. Tapi setahu saya tele yang harganya jutaan juga ada yang buatan China, Korea dan Philipines. Pertanyaan saya:
    Apakah betul bahwa penyakit bergesernya Windage atau Elevasi tidak akan terjadi pada teleskop yang mahal tersebut? khususnya yang buatan Asia mengingat bahwa sistem kerjanya sama saja yaitu corong lensa tengah ditahan hanya oleh sebuah per daun (bukan 2 buah untuk masing2 setelan windage dan Elevasi) dan bentuk corong yang tersentuh per tersebut adalah bulat sehingga bergesernya tidak lurus tapi melengkung apabila salah satu turet diputar?

    BalasHapus
  89. Mohon maaf sebelumnya kalau saya menyebutkan buatan China...ini hanya pengalaman pribadi bukan bermaksud mendiskreditkan ... mungkin pengalaman rekan-rekan yang lain bisa berbeda. Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pa immanuel

      pada dasarnya scope china saat ini sdh bagus pa, utk scope eropa yg harga nya jutaan, tidak perlu diragukan lagi, namun karena untuk menyesuaikan budget dan melengkapi hobi, produk china jg tdk masalah,

      perkara bergesernya settingan2 kita, saya belum pernah mengalaminya pa, saya pun menggunakan scope2 buatan china dengan ukuran 3x32 dan 3x9x32.

      barangkali ada teman2 yang lain dapat membantu menjelaskan permasalahan in?

      silahkan...., terimakasih

      Hapus
  90. Masukan nya mas...
    Perbandingan kekurangan & kelebihan antara UTG Leapers 4-16x50 AOE sama Marcool 4-16x40 AOE...atau ada saran merk lain yg sejenis...Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya scope2 sekarang ini semuanya bagus pa..tinggal kit apilih sesuai selera, ada scope yg crosshairnya recticleglass, crosshair tipis tebal dll..

      untuk kedua jenis model yg bapak diskusikan saya rasa perbedaannya hanya dari ukuran lensa belakang saja...

      silahkan rekan2 yg lain mohon masukannya...

      terimakasih

      Hapus
    2. UTG Leapers susah nyarinya ya. saya nyari yang 3-12x44 AO Mil-dot sepertinya masih jarang di Indonesia. ada yang bisa bantu dmn bisa dicarinya? Thanks para suhu....

      Hapus
  91. minta masukan mas,
    klo Teleskop Bushnell 3-9X40EG bisa ngga dipasang di senapan gejluk?,...
    atau tele merk/jenis apa yang pas dipasang di senapan gejluk?
    btw, sy nyari utk ukuran 9x40.

    BalasHapus
  92. sharp tiger yang ditunggangi scope bushneel 3-9x40 Sudah bisa nitik...tik...tik..
    trima kasih sama agan-agan sudah memberikan banyak ilmu. semoga bermanfaat ilmunya...

    BalasHapus
  93. om saya baru masuk di dunia perbedilan euy, dari dulu pingin mendalami dunia perbedilan, mohon bimbingannya om semuanya, saya domisil di bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih...bila ada yg bisa kami bantu silahkan tinggalkan no hpnya lewat email kami..larc2005@gmail.com, agar kontak2nya mudah..

      Hapus
  94. assalamualaikum mas. mau nanya, saya punya riflescope 3-9x40E. namun saya tdk mengerti kegunaan benda putar yang ada d belakang bagian atas, ada angkanya dengan merah, hijau, dan putih. itu fungsinya untuk apa ya, mas. terimakasih

    BalasHapus
  95. dear admin blogLARC, kalau ada grup chat whatsapp atau bbm atau LINE
    sedianya meng-invite saya untuk bergabung
    087722826888
    pin:7439D0A
    line: rickyrq

    BalasHapus
  96. Om, bagaimana review scope Hakko 3-9x32 dan Hakko 4-32 ??
    bagaimana pengertian angka-angka tersebut : 3, 4, 9, 32 ?? -Kemudian apa yang di maksud AO, AOE, AOEL, AOIR, Fix??
    -Trs apa juga maksud dari parralax ??
    Mohon penjelasannya, maklum nubie banget.....

    Satya - Malang

    BalasHapus
  97. Gan LARC mau ikut tanya
    sya msih awam dlam malah snapan, sya pake snapan shap ace kaliber 5,5 brikut scope sniper 3-9x40 aol
    pertnyaan nya brapa maksimal pompa tuk shap ace 5,5
    dan d zoom brapa enak nya tuk jarak tembak 30 sd 50 meter?
    dan yg paling gak ngerti pembesar blakang apa pungsinya dan berubah kah sasaran jka sudah tepat kita mainkan pembesar blakang?
    sory gan bnyak tanya ma,lum saya awam bnget pencerahan anda berarti buat saya

    BalasHapus
  98. sharp ace bapak yang inport atau lokal pa? biasanya kalo import ada buku panduannya, dijelaskan maximal pompa, tapi bila lokal, dengan kaliber 5,5mm hrs lebih dari 6x pompa agar jatuhnya peluru efektif pada jarak yang di inginkan

    pembesar belakang, itu ada zoom yaitu utk memperbesar gbr/visual dimana fungsinya adalah untuk menyesuaikan target yg berjarak jauh agar bisa lebih jelas targetnya, dan tentu saja stelan akan berubahm, untuk itu sebaiknya bapak harus mempunyai patokan zeroing di setiap zoom yg kita putar.

    ada satu lagi pembesar dibelakang scope yang berada di ujung lensa belakang, fungsinya dalah utk menyesuaikan ketajaman crosshair dengan mata kita, untuk itu saat kita setting stelan sebaiknya di paskan dahulu ketajaman crosshair dengan mata kita agar stelan dapat fix sesuai dengan harapan kita...

    demikian semoga bermanfaat..terimakasih

    BalasHapus
  99. Ok tambah ilmu saya gan LARC
    Tpi ada sdikit yang blum sya pahami gan, yang agan sbutkan lensa pembesar yg pling blakang yg mnempl ke mata kita, berubahkan sasaran ketika sya puta pembesar itu setelah sblum nya sasaran sudah tepat? Maaf gan bnyak tanya, tma kasih alam sukses sllu gan mkasih ats ilmunya ws alkum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohhh iya yang bapak putar zoom 3 s.d 9 atau yg paling dekat dengan mata, seahrusnya si yg bakal berubah ke sasaran hanya yg zoom 3 s.d 9, kalo yg penyesuaian crosshair atau yg dekat lensa, pengalaman saya tidak merubah jatuhnya peluru...

      Hapus